2025 Menperin Targetkan Kontribusi Industri Nasional Terhadap PDB Capai 20%


menperin
 

Jakarta – Industri nasional memiliki peranan penting dalam peningkatan Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita.

“Dibutuhkan peningkatan kontribusi sektor industri melalui melalui perbaikan struktur ekonomi.Dalam Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN) 2015-2035, Indonesia diharapkan menjadi negara industri tangguh,” kata Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita pada acara rapat kerja (Raker) Kementerian Perindustrian, Jumat (16/6).

Menurut dia, untuk menjadi negara industri tangguh, dibutuhkan struktur industri nasional yang kuat, berdaya saing global, serta berbasis inovasi dan teknologi.

"Hal ini yang akan diterjemahkan ke dalam program kerja serta target-target yang harus dicapai baik dalam jangka menengah maupun jangka panjang," paparnya.

Lebih lanjut, pada tahun 2025 pertumbuhan sektor industri pengolahan non migas bisa mencapai 6,4%. Selanjutnya, kontribusi industri pengolahan non migas terhadap PDB juga ditargetkan sebesar 19,2% pada tahun itu.

“Terakhir, kontribusi ekspor produk industri pengolahan non migas terhadap total ekspor pada 2025 mencapai 78%. Diharapkan kontribusi sektor industri terhadap PDB bisa kembali mendekati 20%," ujarnya.


Penulis : Indra

Editor : Irwen